Website Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mendukung perekonomian nasional dalam hal e-Environment

27 Oct
Berikut ini merupakan Website Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mendukung perekonomian nasional dalam hal e-Environment dari kelas 4IA17, kelompok :
  • Ananda Farizta
  • Anggakara Aryaguna
  • Dara Bilqys
  • Dwi Jayanti
  • Yoga Prasetya

Pengertian Environment

Environment yang berarti lingkungan  (lingkungan hidup, lingkungan keluarga, lingkungan desa dan sebagainya). E-Environment (Elektronik Environment) merupakan pengembangan teknologi dan informasi guna melestarikan lingkungan. Keuntungan dari E-Environment adalah bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini, dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat ikut serta dalam program pelestarian alam.

    E-Commerce dan E-Business, sepertinya kita sudah sering mendengar kedua istilah ini apalagi bagi anda yang sering berbelanja atau berbisnis dalam dunia maya seperti internet. Di sini saya tidak membahas secara detail mengenai kedua istilah tersebut, tetapi saya akan mencoba memberikan perbedaan yang sedemikian jelas dan signifikan antara e-commerce dan e-business. Banyak orang hanya sekedar tahu mengenai e-commerce dan e-business tetapi mereka tidak memahami arti sesungguhnya dan perbedaan yang melekat dari kedua istilah ini. Sehingga banyak orang berasumsi bahwa e-commerce dan e-business pada prinsipnya memiliki arti dan fungsi yang sama, namun sesungguhnya kedua istilah ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

    Macro-e yaitu lingkungan menyeluruh yang mana dalam pelaksana E-Environment harus bisa mengacu pada ke-5 aspek tersebut (SLEPT). Social, setiap usaha yang didirikan berupaya untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Macam-macam e-environmet

            E-Environment dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  1. Secara makro-e adalah lingkungan menyeluruh yang mana dalam pelaksana e-Environmentharus bisa mengacu pada ke-5 aspek, Yaitu  Socia, Legal, ethics, Politic, Technological(SLEPT). Social adalah segala sesuatu usaha yang didirikan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, seperti pembangunan jalan yang digunakan untuk memperlancar dalam lalu lintas.Legal, ethics yaitu suatu usaha yang dimana mereka telah mendapatkan perizinan dari pemerintah setempat sesuai dengan undang-undang yang berlaku untuk menjalankan suatu usaha.Kemudian Politic, hampir sama dengan Legal, ethics, mereka harus mendapatkan izin mengenai usaha yang mereka jalankan. Dan yang terakhir adalah Technological, perusahaan itu jika menggunakan sebuah teknologi diharapkan tidak merusak lingkungan sekitar.
  2. Secara mikro-e adalah yaitu bagian dari Macro-e. lingkungan ini membahas tentang hubungan antara perusahaan dengan lingkungan dalamnya. Yang pertama adalah Organization, jadi setiap  perusahaan harus mempunyai organisasi yang bertujuan utama untuk kegiatan usaha mereka. Kemudian dengan Customers, hasil produksi yang mereka kerjakan tidaklah membohongi konsumen seperti tidak memberikan zat-zat yang berbahaya dalam makanan yang mereka pasarkan sehingga berdampak negative pada kesehatan masyarakat dan lain sebagainya. Hubungan perusahaan dengan supplier, Competitors harus baik dan tidak saling menjelek – jelekkan satu sama lainya. Kemudian keterkaitan perusahaan dengan Intermediaries dan Public.

Diatas merupakan aspek dari e-environment. Dibawah ini saya akan membahas unsur e -environment baik secara makro n mikro.

E-Environment dengan  kehidupan

Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan mahluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. Berdasarkan pengertian lingkungan hidup, terdiri dari unsur-unsur biotik (mahluk hidup), unsur-unsur abiotik (mahluk tak hidup), dan unsur-unsur budaya.

  1. Unsur-unsur Biotik

Unsur biotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media saling berhubungan seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur biotik sangat berpengaruh bagi kehidupan kita karena kalau tidak ada unsur biotik maka kita tidak bisa berkembang biak secara sempurna.

  1. Unsur-unsur Abiotik

Unsur abiotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media berlangsungnya kehidupan seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan lain-lain. Unsur abiotik juga berpengaruh bagi kehidupan karena unsur abiotiklah kebutuhan utama dalam berlangsungnya kehidupan.

  1. Unsur-unsur Budaya

Unsur budaya adalah sistem nilai, gagasan, dan keyakinan yang dimiliki manusia dalam menentukan perilakuknya sebagai mahluk sosial seperti bangunan, baju, mobil, rumah , dan lain-lain. Unsur budaya dapat membentuk perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan

Kelebihannya dari adanya Environment adalah :
1. manusia dapat lebih menjaga kelestarian alam disekitarnya. Disini menjelaskan bahwa pentingnya menjaga alam untuk masyarakat sekitar, contohnya mencegah banjir dengan cara melestarikan membuang sampah pada tempatnya dimanapun dan kapanpun kita berada, menanam kembali hutan yang gundul diharapkan dengan melakukan kegiatan tersebut tidak terjadi longsor yang dapat merugikan masyarakat sekitar sehingga masyarakat wajib melindungi dan memelihara kelestarian alam negeri ini. Tanpa menjaga kelestarian alam masyarakat tidak akan merasa nyaman berada di lingkungan alam ini.
2. Dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah
Dengan kita mempromosikan kekayaan alam suatu daerah kita bisa menarik perhatian para wisatawan-wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri untuk melihat kekayaan alam yang dimiliki Negara Indonesia. Contohnya saja Pulau Dewata Bali, kita bisa mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh pulau Denpasar Bali, maka dengan mudah kita dapat menarik perhatian para wisatawan untuk dapat mengunjungi tempat wisata yang ada di pulau Bali, sungguh keindahan tempat wisata di pulau Bali tidak diragukan lagi, sangat mengagumkan. Membuat para wisatawan yang dari dalam negeri ataupun luar negeri ingin berkunjung ke Bali.
3. Dapat ikut serta dalam program pelestarian alam
Beberapa program dapat dilakukan demi menjaga kelestarian alam, diantaranya menanam kembali hutan yang gundul, hal tersebut dilakukan untuk mencegah tanah longsir yang dapat merugikan masyarakat sekitar dan membuang sampah pada tempatnya dimanapun dan kapanpun kita berada untuk mencegah terjadinya banjir yang dapat merugikan kenyaman masyarakat.

Kekurangan dari adanya Environment adalah :
Kurang adanya sosialisasi dari hadirnya e-environment
Sosialisasi sangatlah penting dalam segala hal, tanpa adanya sosialisasi segala sesuatu yang kita rencanakan tidak akan berhasil.

Pengaruh E-environment Terhadap Perilaku Costumer.
Costumer adalah beberapa orang yang menjadi pembeli atau pelanggan yang membutuhkan barang untuk mereka gunakan atau mereka konsumsi sebagai kebutuhan hidupnya. Pembangunan dan perkembangan perekonomian umumnya dan khususnya di bidang perindustrian dan perdagangan nasional telah menghasilkan berbagai variasi barang dan/atau jasa yang dapat dikonsumsi. Di samping itu, globalisasi dan perdaganan bebas yang didukung oleh kemajuan teknologi telekomunikasi dan infomatika telah memperluas ruang gerak arus transaksi barang dan/atau jasa melintasi batas-batas wilayah suatu negara, sehingga barang dan/atau jasa yang, ditawarkan bervariasi baik produksi luar negeri maupun produksi dalam negeri. Kondisi yang demikian pada satu pihak mempunyai manfaat bagi konsumen karena kebutuhan konsumen akan barang dan/atau jasa yang diinginkan dapat terpenuhi serta semakin terbuka lebar kebebasan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan/atau jasa sesuai dengan keinginan dan kemampuan konsumen.
Lima pengaruh E-environment terhadap Costumer, sebagai berikut :
Budaya
Budaya yang digunakan dalam perilaku konsumen mengacu pada nilai, gagasan,artefak dan simbol-simbol lain yang bermakna yang membantu individu untuk berkomunikasi, melakukan penafsiran serta evaluasi yang terjadi didalam masyarakat. Pemasaran dipandang sebagai saluran dimana terjadinya transfer makna budaya kepada konsumen.
Faktor budaya dipengaruhi oleh :
• Budaya
budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar. Anak-anak mendapatkan kumpulan nilai, persepsi,preferensi dan perilaku dari keluarganya serta lembaga-lembaga penting lain.
 Kelas Sosial
Kelas sosial adalah pembagian didalam masyarakat berdasarkan kelas sosial yang terdiri dari individu yang mempunyai nilai, minat dan perilaku yang sama. Konsumen dibedakan atas perbedaan sosial ekonomi yang didasarkan pada tingkat yang paling rendah hingga paling tinggi. Status sosual menghasilkan perilaku konsumen yang didasarkan pada produk yang dikonsumsi, misalnya kendaraan yang dipakai, merk pakaian yang dipakai,dsbnya.
Kelas sosial dan stratifikasi sosial terbentuk karena sistem kasya yang berbeda yang dibesarkan dalam peran tertnetu dan tidak dapat mengubah kasta mereka.Stratifikasi tersebut sering ditemukan dalam bentuk kelas sosial. Kelas sosial adalah pembagian masyarakat yang bersifat relatif homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan anggotanya menganut nilai, minat dan perilaku yang serupa.
Kelas sosial tidak hanya mencerminkan penghasilan tetapi juga indikator lain, seperti pekerjaan, pendidikan dan tempat tinggal. Kelas sosial berbeda dalam hal busana, cara berbicara, preferensi rekreasi dan ciri-ciri lain.

Pengaruh Pribadi
Sebagai konsumen, perilaku kita kerap dipengaruhi oleh orang-orang yang berada disekitar kita. Konsumen dipengaruhi oleh pendapat pribadi dari orang-orang yang berada disekitarnya, bahkan peran opinion leader yang memberikan nasihat, saran dan masukan kepada konsumen berpengaruh dalam pengambilan keputusan dalam proses pembelian.
Keluarga
Keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat, dan telah menjadi penelitian yang luas.Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak kerap menjadi unit pengambilan keputusan yang utama. Anggota keluarga merupakan kelompok acuan primer yang paling berpengaruh. Keluarga yang terdiri atas ayah,ibu dan saudara kandung mendapatkan orientasi atas agama, politik dan ekonomi serta ambisi pribadi, harga diri dan cinta. Bahkan, jika pembeli tidak lagi berinteraksi secara mendalam dengan keluarganya, pengaruh keluarga terhadap perilaku pembeli tetap signifikan. Pengaruh yang lebih langsung terhadap perilaku pembelian sehari-hari adalah keluarga prokreasi, yaitu pasangan dan anak-anak.
Situasi
Perilaku konsumen dapat berubah, kadangkala perubahan ini bisa tidak menentu dan tidak dapat diramalkan, sehingga perubahan ini dapat diprediksi dengan menggunakan penelitian dan dimanfaatkan sebagai strategi. Misalnya Pembelian pakaian akan meningkat pada hari raya Idul Fitri,Natal,dsbnya.

Pengaruh E-environment terhadap technology
Teknologi secara umum berarti keseluruhan peralatan dan prosedur yang terus mengalami penyempurnaan, baik di lihat dari segi pencapaian tujuan maupun proses pelaksanaannya. Teknologi sebagai budidaya manusia dalam beradaptasi dengan alam sesuai dengan maksud dan tujuan manusia penggunanya. Alhasil teknologi adalah ide-ide manusia dalam mempermudah aktifitas pencapaian tujuan.
Aktifitas manusia yang dinamik dan cenderung berkembang tanpa batas sangat mempengaruhi keadaan lingkungan hidup. Industri yang mengalami laju pertumbuhan relatif cepat merupakan bagian dari teknologi. Teknologi industri sebagai teknologi yang modern memiliki andil besar dalam proses perubahan panas bumi

Beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh proses industri antara lain, pencemaran udara, pencemaran air dan pencemaran tanah. Proses industri yang baik harus melakukan upaya meminimalisir pengaruh negatif terhadap lingkungan hidup mengatur tentang analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dan pelaku industri harus dapat memperkirakan dan mencegah kemungkinan timbulnya dampak negatif terhadap lingkungan hidup.
Pembangunan industri dapat menimbulkan dampak negatif berupa memperburuknya kondisi biografis-kimia.

Pembangunan industri menimbulkan dampak negatif terhadap sosial, ekonomi dan budaya. Mempengaruhi pada ekonomi tradisional, ketentraman lingkungan dan perubahan budaya akibat interaksi para pelaku.

Sebaliknya factor lingkungan juga sangat berpengaruh besar dalam suatu teknologi..Teknologi sebagai keseluruhan peralatan dan prosedur yang terus mengalami penyempurnaan. Jika teknologi di Indonesia sudah maju tetapi lingkungan tidak mendu

Pengaruh E-environment Terhadap Organization.
Lingkungan dalam konteks organisasi ini bukan hanya merupakan lingkungan fisik, lingkungan organisasi merupakan elemen-elemen diluar organisasi yang mempengaruhi organisasi tetapi sulit dipengaruhi oleh organisasi. Elemen-elemen tersebut dapat dicontohkan seperti masyarakat, pemerintah, kebijakan dan peraturan pemerintah, kompetitor, dan lain-lain. Sebuah organisasi yang efektif pada suatu lingkungan tertentu belum tentu efektif pada lingkungan yang berbeda. Inilah pentingnya kita mempelajari teori organisasi dan lingkungan organisasi.
Macam-macam lingkungan organisasi :
Lingkungan Placid
Yaitu lingkungan organisasi yang sifatnya sederhana (tidak banyak elemennya) dan tidak cepat berubah. Contoh lingkungan Placid yaitu lingkungan pada organisasi kelurahan di desa, dimana lingkungannya tidak terdapat banyak elemennya dan cenderung tidak mudah berubah. Kita dapat lihat dari masyarakat desa yang kebutuhannya cenderung tidak cepat berubah atau tidak banyak tuntutan seperti masyarakat di kota.

 Lingkungan Disturbed Reactive
Yaitu lingkungan yang terdapat saingannya (kompetitor) dan yang bereaksi terhadap tindakan organisasi tersebut. Contoh lingkungan disturbed reactive ini adalah lingkungan pada perusahaan rokok, perusahaan provider telekomunikasi dan lainnya, dimana jika satu perusahaan melakukan promosi akan direaksi oleh yang lain. Dapat kita lihat ketika sebuah perusahaan provider telekomunikasi melakukan promosi berupa diskon tarif maka cenderung akan diikuti oleh provider lain dengan promosi-promosi lainnya.
Lingkungan Turbulent
Yaitu lingkungan yang kompleks (terdapat banyak elemenya) dan bersifat sangat dinamis atau cepat berubah. Contoh dari lingkungan turbulent ini adalah lingkungan pada perusahaan Konsultan, dimana lingkungannya terdapat banyak peraturan-peraturan, terdapat kebutuhan konsumennya yang berubah-ubah.

Pengaruh E-environment Terhadap Ekonomi
Lingkungan Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau kegiatan manusia dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungannya yang terbatas sehingga fungsi atau peranan SDA dan lingkungan tersebut dapat dipertahankan dan bahkan penggunaannya dapat ditingkatkan dalam jangka panjang atau berkelanjutan.
Pengaruh lingkungan terhadap ekonomi khususnya dalam dunia bisnis adalah setiap orang yang ingin melakukan atau membuka suatu bisnis sangatlah penting untuk memperhatikan kondisi suatu lingkungan karena secara tidak langsung lingkungan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu bisnis Contohnya saja jika kita ingin membuka suatu bisnis BUTIK di lingkungan pedesaan maka bias terlihat sangat jelas bahwa bisnis tersebut tidak akan bisa berkembang secara pesat, karena factor lingkungan yang mayoritas masyarakat di lingkungan pedesaan tidak terlalu tertarik dengan FASHION yang membuat membuka bisnis BUTIK di lingkungan pedesaan sangatlah tidak bisa berkembang pesat. Sari contoh di atas bisa disimpulkan bahwa lingkungan sangatlah berpengaruh besar terhadap suatu bisnis yang akan kita kelolah.

berikut ini adalah contoh dari web E-Environment

WWF Indonesia – Global environmental conservation organization

wwf

WWF-Indonesia

           Merupakan salah satu negara dengan wilayah pesisir dan keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Ironisnya mayoritas penduduk Indonesia hidup dalam kemiskinan, kota-kotanya merupakan tempat paling tercemar di dunia. Setiap tahun, hijaunya hutan berubah menjadi merah menyala karena terbakar, dan ketika musim penghujan tiba, bencana banjir serta longsor membawa petaka bagi banyak orang.

          Misi dan visi WWF indonesia cukup memompa semangat kita agar kita senantiasa mejaga lingkungan sekitar kita dengan cara ita hidup selaras dengan alam dan tidak merusaknya untuk kepentingan sesaat karena kita harus berpikir bahwa anak cucu kita nanti yang akan merasakan dampaknya.  Tujuan WWF-Indonesia yang utama adalah untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi serta membangun masa depan, dimana manusia hidup selaras dengan alam.

          Visi WWF-Indonesia adalah “Pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia untuk kesejahteraan generasi sekarang dan di masa mendatang”. Misi dan visi WWF juga mengurangidampak yang disebabkan manusia melalui upaya:

          Pertama Mempromosikan etika pelestarian yang kuat, kesadaran serta aksi di kalangan masyarakat Indonesia . Yang kedua Memfasilitasi upaya multi pihak untuk melindungi keanekaragaman hayati dan proses ekologis dalam skala ekoregional

Yang ketiga Melakukan advokasi kebijakan, hukum dan penegakan hukum yang mendukung upaya pelestarian

Yang keempat Mempromosikan pelestarian bagi kesejahteraan masyarakat, melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

          Bagi kebanyakan para ahli ekonomi dan lingkungan hidup jelas bahwa terdapat kaitan antara makro-ekonomi dengan lingkungan hidup (Ouattara 1997). Kini diterima secara luas bahwa konsep lingkungan sebagai suatu mitra pertumbuhan memang tepat. Paradigma lama, yang melihat lingkungan hidup (dan ahli lingkungan hidup) sebagai penghambat perkembangan, tidak lagi tepat.

          Model makro-ekonomi tradisional tidak menyertakan sistem-sistem ekologi. Oleh karena itu, selama bertahun-tahun sistem-sistem ekologi tetap berada di luar kerangka kerja pengambilan keputusan mengenai makro-ekonomi (Daly 1991). Misalnya, sumber-sumber lingkungan, seperti tanah, hutan dan mineral merupakan masukan terhadap pertumbuhan ekonomi. Demikian juga, keluaran dari kegiatan ekonomi seperti, gas rumah kaca, limbah padat dan cair, dibuang kembali ke lingkungan (Anderson, 1990). Hubungan antara makro-ekonomi, pembuatan kebijakan dan lingkungan diperlihatkan dalam Bagan 1.

TAMPILAN WEBSITE WWF Indonesia – Global environmental conservation organization

Pada tampilan awal (HOME) ini terdapat beberapa tampilan menu yaitu Tentang Kami, Program, Ruang Pers, Publikasi, Cara Anda Membantu, English, dan Donate. Seperti gambar di bawah ini :

wwf

TAMPILAN “Tentang kami” WWF Indonesia – Global environmental conservation organization

Pada tampilan “Tentang Kami” ini terdapat beberapa tampilan menu yaitu Visi dan Misi, Sejarah, Struktur Organisasi, Alamat Kantor, Laporan Tahunan, Kontak, FAQ, dan Upaya Konservasi. Seperti gambar di bawah ini :

Tampilan Visi dan Misi

Tampilan ini berisi tentang visi dan misi adanya wwf tersebut.

2

Tampilan Sejarah

Tampilan ini berisi sejarah perjalananya organisasi ini.

3

Tampilan Struktur organisasi

Tampilan ini berisi tentang Struktur Organisasi dari organisasi wwf tersebut.

4

Tampilan alamat kantor

Tampilan ini berisi informasi tentang alamat dari organisasi wwf yang berada di seluruh indonesia bahkan dunia.

5

Tampilan Laporan Tahunan

Tampilan ini berisi laporan tahunan wff atas hasil pemasukan dari orang-orang yang telah berdonasi dan pengeluarannya.

6

Tampilan Kontak

Tampilan ini berisi alamat kantor dan kontak dari kantor wwf di Indonesia.

7

Tampilan FAQ

Tampilan FAQ(Frequently Asked Questions) berisi tampilan pertanyaan dan jawaban langsung dari organisasi wwf.

8

Tampilan Cara Anda membantu

tampilan ini berisi bagaimana cara-cara untuk menjadi relawan dan bagaimana cara membatu untuk melestarikan lingkungan hidup.

10

Tampilan donate

Ketika menuju menu donate, website akan teralihkan langsung ke http://www.supporterwwf.org/ disana akan diarahkan bagaimana caranya untuk memberikan donasi.

donate

Permasalahan mengenai isu lingkungan memang tidak pernah ada habisnya. Banyak kelompok yang terus berlomba untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di bumi, mulai dari menjaga kelestarian air, energi, iklim, dll. Setiap manusia di dunia dituntut untuk terus memperhatikan dan menjaga kelestarian alam agar hasilnya dapat dinikmati bersama. Alam dan manusia memiliki hubungan timbal balik. Ketika kita memberikan sesuatu yang baik kepada alam maka alam juga akan memberikan sesuatu yang baik kepada kita, tetapi ketika kita memberikan hal yang bersifat merusak maka alam akan mengembalikan jauh yang lebih parah kepada kita. Awalnya beberapa kelompok kecil yang kritis memulai untuk mengadakan perubahan besar. Di sini, berawal dari beberapa kelompok kecil mereka mulai mengajak orang yang memiliki kesadaran akan lingkungan membentuk sebuah organisasi yang bertujuan untuk menyelamatkan dunia. Ada dua organisasi besar yang akan dibahas. WWF membuat sebuah web agar siapa saja bisa mengakses. Ada kelebihan dan kekurangan pada pada web ini.

Logo WWF adalah panda. Mengapa panda? Saat WWF dibentuk, para pendiri WWF sepakat bahwa panda hewan besar berbulu dan menarik, mata hitam, lucu cocok digunakan sebagai simbol. Pada tampilan awal homepage WWF ini ditampilkan berita-berita baru dan faktanya. Pilihan warna lebih kepada hitam putih sesuai dengan logonya Panda yang juga berwarna hitam putih. Isi dari homepage WWF adalah berisikan tentang berita-berita yang diupload setiap hari mengenai isu lingkungan dan fakta dan juga cara bekerja sama bersama WWF. Di samping itu WWF juga mengajak sekelompok orang dengan menggunakan Panda Mobile belajar dan menaruh perhatian terhadap alam. Di sini, program Panda Mobile merupakan sebuah program yang menarik karena dalam sebuah truk beroda enam terdapat fasilitas berupa 100 buah buku berkualitas untuk dibaca dari kalangan anak-anak hingga kelompok organisasi. Dengan program yang ada masyarakat juga dilibatkan dan diajarkan untuk tetap menjaga lingkungan agar bumi ini tetap dalam kondisi yang baik. Sebuah program yang baik dari WWF dengan melibatkan semua kalangan. Lembar fakta merupakan satu bagian yang menarik karena dengan adanya lembar fakta ini kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai fakta alam di dunia yang menginspirasi.

Organisasi manapun tidak luput dari kekurangan. Walaupun dua organisasi besar ini bertujuan baik untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan kesadaran manusia untuk menjaga lingkungannya tetapi di balik itu semua kedua organisasi ini merupakan organisasi asing yang tidak tunduk terhadap hukum di Indonesia. Organisasi LSM menyatakan bahwa secara pendanaan, pertanggungjawaban mereka tidak terlalu jelas mengenai penggunaan dananya. Jika suatu organisasi masyarakat menerima bantuan asing maka mereka menjalankan agenda atau memajukan kepentingan pihak luar negeri. Dikhawatirkan bahwa dana asing merupakan sarana untuk mengintervensi dinamika kehidupan sosial politik dalam negeri.

Walaupun WWF pertama kali bukan didirikan di Indonesia tetapi pengaruh organisasi lingkungan ini memiliki peranan penting dalan menjaga kelestarian alam di Indonesia. Terlihat dengan masing-masing program yang dimiliki tetap memiliki tujuan yang sama dengan menjaga, memperbaiki dan melestarikan kehidupan alam juga dengan menyadarkan masyarakat agar terus menerus menjaga bumi yang sama-sama kita tinggali. Laporan yang bisa kita lihat mengenai apa yang terjadi di Indonesia sangat membantu kita dalam berpikir jauh ke depan. Artinya dengan berita yang diberikan melalui  homepage ini secara tidak langsung melibatkan kita untuk bersama-sama menjaga bumi agar tetap lestari, dan juga agar kita tidak menjadi manusia yang egois. Tidak hanya menjaga untuk saat ini tetapi untuk tahun-tahun ke depan untuk generasi mendatang yang lebih baik lagi. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: